HEADER.jpg

on . Hits: 48

Tahun 2021 Penanganan Perkara di PA Nanga Pinoh Capai 100 Persen 

Screenshot 65

Nanga Pinoh I PA. Nanga Pinoh

Tahun 2021 sebentar lagi akan berakhir. Ada banyak pekerjaan rumah bagi setiap lembaga peradilan, tidak terkecuali lembaga peradilan agama. PA. Nanga Pinoh sebagai salah satu lembaga peradilan di bawah pengadilan tingkat banding PTA. Pontianak juga ikut merasakan pekerjaan rumah yang begitu besar di penghujung tahun 2021.

Salah satu hal yang paling menonjol dan menjadi perhatian adalah kinerja penangan perkara. Di mana, setiap satuan kerja pengadilan tingkat pertama di haruskan mampu menyelesaikan seluruh perkara pada tahun berjalan. Namun, fakta yang terjadi tidak semua pengadilan bisa menyelesaikan penangan perkara secara 100 persen di penghunjung tahun.

Akan tetapi, Pengadilan Agama Nanga Pinoh mencoba menjawab tantangan yang ada. Dan hasilnya pada tahun 2021, Pengadilan Agama Nanga Pinoh mampu meraih rasio penangan perkara hingga 100 persen. Bahkan, hal itu sudah dilakukan pada pertengahan bulan Desember 2021. Capain ini tentu sebuah prestasi tersendiri bagi PA. Nanga Pinoh. Mengingat dua tahun sebelumnya sejak berdirinya Pengadilan Agama di kota juang Melawi ini, tidak pernah mampu menyelesaikan penangan perkara hingga 100 persen. Hal itu pula yang menjadi cerminan bagi Pengadilan Agama yang berdiri tanggal 28 Oktober 2018 ini, agar bisa menjawab tantangan yang ada.

Berdasarkan Sistem Informasi Penelurusan Perkara (SIPP) Pengadilan Agama Nanga Pinoh juga telah menyelesaikan seluruh administrasi perkara mulai dari pendaftaran hingga putusan akhir dengan nilai 100 persen. Artinya, semua administrasi perkara termasuk e-doc telah terupload secara lengkap kedalam SIPP.

Sistem informasi penelusuran perkara (SIPP) sendiri merupakan indikator dalam penyelesaian perkara di pengadilan. Selain itu, SIPP menjadi wadah keterbukaan informasi bagi masyarakat pencari keadilan tentang proses perkara yang diajukannya. Oleh sebab itu, SIPP menjadi sangat penting dalam administrasi perkara dan menjadi bahan pertimbangan bagi Aparatur Peradilan Agama untuk promosi / mutasi.

Dengan capaian ini, ketua Pengadilan Agama Nanga Pinoh melalui amanatnya yang disampaikan pada saat apel senin pagi (27-12-2021), mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada tim di Kepaniteraan atas kerja keras pada tahun ini. Beliau berharap, di tahun 2022 bisa lebih ditingkatkan lagi. (Irf)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama@2018