on . Hits: 52

Zoom Metting Pengadilan Agama Nanga Pinoh Bersama KI Kalbar

WhatsApp Image 2021 06 02 at 10.22.44

Nanga Pinoh I PA. Nanga Pinoh

Rabu, 2 Juni 2021, bertempat di ruang Media Center Pengadilan Agama Nanga Pinoh, PPID PA Nanga Pinoh ikuti Bimtek dan Monev keterbukaan informasi publik tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan dalam rangka upaya peningkatan keterbukaan informasi bagi semua badan publik yang ada di Kalimantan Barat. Selain itu, Monev ini dilaksanakan dalam rangka penilaian terhadap badan publik di Kalimantan Barat, apakah sistem keterbukaan informasinya sudah berjalan dengan baik atau belum. Penilaian ini sendiri dilaksanakan untuk menentukan pemeringkatan keterbukaan Informasi bagi Badan Publik.

Ketua KI Kalbar, Rospita Vici Paulyn menjelaskan, setidaknya ada lima tujuan dilaksanakannya kegiatan pemeringkatan Badan Publik ini, yakni pertama untuk mengetahui kepatuhan Badan Publik dalam menjalankan kewajiban mengumumkan dan menyediakan informasi publik, serta melayani permohonan informasi sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Komisi Informasi tentang Standar Layanan Informasi Publik. Kedua, untuk mengetahui tingkat pelaksanaan keterbukaan informasi Badan Publik terhadap layanan informasi dalam memberikan akses informasi publik kepada masyarakat. Ketiga, melakukan pemeringkatan kepatuhan Badan Publik dalam menjalankan UU Keterbukaan Informasi Publik. Keempat, untuk mendapatkan gambaran keterbukaan informasi Badan Publik pada badan-badan publik di Kalimantan Barat dan kelima, untuk mendapatkan gambaran kinerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada badan-badan publik di Kalimantan Barat sebagai bahan perbaikan standar layanan informasi publik.

“Tahun ini merupakan tahun kelima, KI Kalbar melakukan Monitoring Evaluasi untuk menilai ketaatan implementasi seluruh kewajiban Badan Publik di Kalbar sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, dengan suatu metode dan instrumen yang telah dibuat untuk mendapatkan suatu hasil yang lebih terukur,” ujar Vici.

Sementara itu, tahun ini merupakan tahun perdana bagi Pengadilan Agama Nanga Pinoh mengikuti Monitoring dan evaluasi pemeringkatan Badan Publik se-Kalimantan Barat, sejak berdirinya Pengadilan Agama Nanga Pinoh Oktober 2018 lalu. Mengingat, PA. Nanga Pinoh yang masih tergolong baru dan baru pertama kali juga dilakukan penilaian, maka hal ini menjadi perhatian khusus dan sekaligus semangat tersendiri bagi PA. Nanga Pinoh, agar bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Mariadi, S.H.I. yang merupakan salah satu PPID di Pengadilan Agama Nanga Pinoh, menyampaikan bahwa, penilaian terhadap keterbukaan Informasi ini sangat penting untuk dilaksanakan. Mengingat PA. Nanga Pinoh merupakan lembaga yang bersifat melayani masyarakat. Sehingga, keterbukaan informasi sebagaimana yang diatur dalam UU Keterbukaan Infirmasi Publik sangat penting untuk dijalankan. Sehingga, beliau berharap, agar semua aparatur Pengadilan Agama Nanga Pinoh semangat dalam mengikuti penilaian ini. Agar nanti bisa mendapatkan hasil yang maksimal. (Irf)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama@2018