logo1

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Nanga Pinoh   || Mari Dukung Zona Integritas Untuk Mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih & Melayani (WBBM)   || Dapatkan Informasi yang anda butuhkan melalui Website ini atau dapat menghubungi Nomor Kontak yang tersedia   || Jam Kerja, Senin-Kamis : Pukul 08.00 - 16.30 Wib, Istirahat Pukul 12.00 - 13.00 Wib, Jum'at : Pukul 08.00 - 17.00 Wib, Istirahat Pukul 12.00 - 13.00 Wib.

Written by Super User on . Hits: 40

MEDIASI

Mediasi adalah suatu upaya penyelesaian perkara dengan melibatkan pihak ketiga sebagai penengah dan bersifat netral tanpa memiliki kepentingan apapun antara pihak yang berperkara. Pada dasarnya proses mediasi merupakan proses musyawarah (konsensus) demi mendapatkan titik terang penyelesain perkara tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Di dalam penanganan perkara di pengadilan agama mediasi merupakan suatu hal yang wajib di lakukan terlebih dahulu kepada para pihak yang berperkara, hal ini di dasarkan pada Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Prosedur Mediasi.

Prosedur Mediasi

  1. pada hari sidang yang telah ditentukan dan apabila kedua belah pihak yang berperkara hadir dalam persidangan maka hakim wajib untuk memberi tawaran mediasi kepada para pihak yang berperkara, hal ini tidak semata-mata dilakukan demi mendamaikan kedua belah pihak.
  2. apabila didalam sidang pertama kedua belah pihak setuju untuk berdamai maka dibuatkanlah akta perdamaian dan dibacakan terlebih dahulu oleh hakim sebagai putusan bagi kedua belah pihak dan wajib untuk di patuhi.
  3. apabila didalam kasus perceraian  maka gugatan perceraian wajib untuk dicabut.
  4. akta / putusan perdamaian tidak dapat di lakukan banding, kasasi dan peninjauan kembali.
  5. apabila dalam sidang pertama tidak ditemukan kata sepakat dalam proses mediasi maka persidangan akan dilanjutkan ketahap berikutnya.

Galeri Foto

Rapat Kerja Dalam Rangka Monitoring dan Evaluasi Kinerja Pengadilan Agama Nanga Pinoh
Pelantikan Juru Sita Pengadilan Agama Nanga Pinoh
Kegiatan Pemeriksaan Mata Pegawai Pengadilan Agama Nanga Pinoh bekerjasama dengan Optik Jakarta

Pojok Informasi PA. Nanga Pinoh

Untuk mengetahui apa itu E-Court klik pada gambar
Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pengadilan Agama Nanga Pinoh

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA NANGA PINOH KELAS II

Jalan Kramat Raya No. 3 Telp./Fax 0568-2021396

E-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">MELAWI 79672

Pengadilan Agama@2018